Join The Community

Search

Thursday, May 07, 2009

JIMI HENDRIX


SEJARAH DAN LATAR BELAKANG : Lahir pada 27 November 1942. Diduga namanya diubah oleh ayahnya dari Johnny Allen Hendrix menjadi James Marshall Hendrix. Dipandang terutama sebagai pemain rock, tetapi latar belakang, teknik, dan pilihan-pilhan nadanya tipikal blues. Terpengaruh antara lain oleh : BB King dan Muddy Waters. Pernah bekerja dengan berbagai tokoh soul/R&B termasuk Little Richard, Curtis Knight, Ike Turner, sampai ia 'ditemukan' oleh pemain bas Animals,Chas Chandler, yang membawanya ke Inggris. 'Jimi Hendrix Experience' dibentuk pada tahun 1966 dengan Noel Redding sebagai pemain bas dan Mitch Mitchell sebagai drummer. Hit awalnya akhirnya membawanya ke para pendengar Amerika. Pertunjukan live yang patut dicatat di antaranya Monterey Pop Festival, Woodstock, dan Isle Of Wight Festival (dua pertunjukan terakhir terjadi setelah Redding mengundurkan diri pada 1969). Meninggal saat tidur, tercekik oleh muntahannya sendiri pada tanggal 18 september 1970.

GAYA PERMAINAN : Sensasional adalah kata yang paling pas.
Bending gila-gilaan, tukikan whammy bar, feedback terkontrol (dan yang tidak terkontrol), semuanya dimainkan pada volume yang amat sangat keras. Komposisinya yang lebih tenang menonjolkan nada-nada lembut dengan menggunakan tangga nada minor pentatonik,namun salo dan riff-nya yang lain juga menonjolkan tangga nada mayor pentatonik, Mixolydian, dan natural minor. Beberapa tekniknya (misalnya ibu jari digunakan untuk menekan dawai bas) dimungkinkan karena ukuran tangannya besar.

TEKNIK YANG BISA DICURI : Teknik penuh aksi yang bisa menhibur penonton manapun (misalnya, memainkan gitar di belakang kepalamu, membakar gitar, perilaku tak senonoh dengan whammy bar, dll) dianggap asusila oleh kebanyakan penggemarnya, jadi berhati-hatilah menggunakannya. Tapi, jurus-jurus teknis apa pun siap dimamfaatkan, coba mainkan trill sambil menggerakkan whammy bar, gerakkan wah-wah sambil memainkan lick solo yang cepat, matikan akord yang 'tak bertitiknada' sebagai efek perkusif.

PERALATAN : Biasanya memainkan Strat yang di pakai secara kidal dan digantung terbalik, melalui ampli Marshall. Dia juga menggunakan berbagai Stompbox yang dimodifikasi oleh empu efek Inggris, Roger Mayer.

ALBUM PENGGERTAK : Mulailah dengan album Experience tahun 1967 Axis: bold As Love, namun pada akhirnya kamu harus membeli semua albumnya (namun jangan dekati rilis ulang rekaman awal tahun 60-an, dalam rekaman itu Jimi lebih sering tampil sebagai pemain rhythm cabutan).

MOMEN TERBAIK : Secara musikal, momen terbaiknya mungkin adalah versinya atas lagu Dylan 'All Along The Watchower' (pengontrolan bending yang luar biasa, tone yang sempurna, phrasing yang indah). Tapi, para penggertak sebaiknya mengenal rekaman live 'Star Spangled Banner' yang legendaris, di mana Jimi menggunakan gitar untuk emnirukan tembakan roket, peluncuran bom, dan sebagainya. Terdengar buruk sekali, namun tentu saja kamu tak boleh ketahuan mengakui hal ini.

0 comments:

Post a Comment