Join The Community

Search

Thursday, June 04, 2009

Creed Bangkit Lagi.


Banyak band besar reuni pada 2009. Setelah Blink 182, Creed menyatakan kembali berkarya. Sajian apa lagi yang ditawarkan oleh jagoan
modern rock itu?

Pada acara Grammy Award lalu Travis Barker, Mark Hoppus, dan Tom DeLonge mengumumkan reuni. Mereka akan menggerakkan roda karir Blink 182 yang sempat berhenti. Band itu punya rencana besar. Blink 182 bakal tur, dilanjutkan dengan mengeluarkan materi baru.

Langkah itu ternyata juga ditempuh beberapa band besar yang sempat bubar. Salah satunya Creed. Jagoan
modern rock tersebut memiliki track record fenomenal dalam perjalanan karirnya. Hampir setiap album mereka selalu menuai sukses besar. Bahkan, salah satu track mereka, My Sacrifice, masih membekas di benak para fans.

Scott Stapp (vokalis), Mark Tremonti (gitaris), Scott Phillips (
drummer), dan Brian Marshall (bassist) kini bersatu lagi. Mereka akan mengadakan tur untuk menandai reuni Creed. Rilis album pun menjadi agenda mereka selanjutnya.

Creed akan memulai tur pada 6 Agustus 2009. Pittsburgh, Inggris, bakal menjadi kota pertama dalam rangkaian tur tersebut. Sebanyak 41 kota dipilih untuk menyaksikan
live pertama sejak mereka bubar pada 2004. Band itu akan melakukan sederet gigs hingga September 2009.

Stapp yang mendorong Creed bersatu lagi. Dia ingin memperbaiki kesalahan yang pernah diperbuatnya dulu. Dia berusaha keras menyatukan
band mate-nya di Creed untuk menebus kesalahan. Ternyata, usul tersebut direspons positif oleh Tremonti, Phillips, dan Marshall.

"Sungguh menggembirakan bisa bersama teman-teman di satu ruang lagi. Saya mengatakan masih menyayangi mereka. Yang pasti, saya meminta maaf pernah membuat mereka sakit hati," ujar dia.

Kabarnya, Stapp memang menjadi salah satu faktor pendorong bubarnya Creed. Vokalis itu terlarut dalam suasana murung berkepanjangan. Stapp stres dengan kesuksesan Creed. Beberapa hal negatif lantas menjadi pelariannya.

Creed memang mendulang sukses besar. Debut mereka,
My Own Prison (1997), mendapatkan penghargaan multiplatinum rock album. Single andalan mereka juga masuk dalam daftar Top 5 Singles di Billboard's Mainstream Rock Tracks Chart. Album debut itu pun terjual hingga 6 juta kopi di seluruh dunia.

Band itu mencatatkan pendapatan fantastis pula. Menurut lembaga survei Nielsen Soundscan, mereka tercatat menjual 26,1 juta kopi album. Prestasi itu didapat dalam kurun waktu 1997 hingga 2002. Creed pun memiliki
income fantastis dalam kurun waktu tersebut. Yaitu, USD 70,3 juta menurut laporan Billboard Boxscore.

Kini Stapp dkk bersiap membuat materi baru. Kabarnya, Stapp sudah membikin satu lagu berjudul
Milan Song yang terinspirasi anak kedua Stapp yang juga bernama. Vokalis itu sebenarnya pernah melakukan hal serupa ketika menulis With Wide Arms Open. Track fenomenal itu juga terinspirasi anak pertamanya, Jagger. Bisakah Creed mampu membangun lagi kemegahan sound yang menjadi ciri khas mereka?

0 comments:

Post a Comment