Join The Community

Search

Thursday, October 01, 2009

Payable On Death


P.O.D. adalah grup musik yang dibentuk pada tahun 1992 di Sandiego, California, Amerika Serikat. Hip Hop dengan balutan trash metal dibumbui irama punk rock. Itulah musik yang mereka usung.
Band yang mempunyai kepanjangan dari "Payable on Death" ini didirikan oleh Marcos Curiel (gitaris) dan Wuv Bernardo (dramer). Keduanya saat itu sangat terpengaruh gaya jazz dan reggae namun sekaligus jatuh cinta sama gaya punk dan grunge grup semacam Greenday, Pennywise, Bad Brains dan The Vandals.


P.O.D. adalah grup musik yang dibentuk pada tahun 1992 di Sandiego, California, Amerika Serikat. Hip Hop dengan balutan trash metal dibumbui irama punk rock. Itulah musik yang mereka usung.
Band yang mempunyai kepanjangan dari "Payable on Death" ini didirikan oleh Marcos Curiel (gitaris) dan Wuv Bernardo (dramer). Keduanya saat itu sangat terpengaruh gaya jazz dan reggae namun sekaligus jatuh cinta sama gaya punk dan grunge grup semacam Greenday, Pennywise, Bad Brains dan The Vandals. Marcos lantas mengajak sepupunya, Sonny Sandoval (vokalis) serta Traa Daniels (basis) untuk bergabung.

Band yang bermarkas di Southdown, San Diego ini pada awal terbentuknya sering bermain di sembarang tempat. Mulai dari peternakan, tempat-tempat parkir, atau yang lebih elit sedikit: kedai kopi
Dengan debut album bertajuk King Of The Game yang dilepaskan oleh Papa Bernardo (ayah Wuv Bernardo dan paman Sonny Sandoval). Album mereka bernaung di bawah Rescue Records, perusahaan rekaman mereka pribadi. Tak terduga, album ini laris lebih dari 500.000 copy di Amerika. Sebetulnya, angka itu bukan angka luar biasa, terutama jika dibandingkan dengan angka penjualan album dari kelompok yang mengusung musik sejenis. Namun, P.O.D. bisa disebut meraih sukses luar biasa karena warna musik mereka berbalut lirik bernafaskan religi. Lewat sukses itu pula mereka lantas saja ditahbiskan sebagai best hard rock or metal group.

Pada tahun 1998, Atlantic Records tertarik akan konsep musik P.O.D. dan mengontrak mereka untuk beberapa album. Setahun kemudian, P.O.D. merilis debutnya yang berjudul "The Fundamental Elements of Southtown" di bawah bendera label besar tersebut. Dari album ini, keluar single Southtown dan Rock the Party (Off the Hook), sekaligus berhasil memperoleh penghargaan platinum. Pada tahun 2001, P.O.D. merilis album kedua bertajuk Satellite. Album ini mencatat kesuksesan besar lewat lagu andalan seperti "Alive", "Youth of the Nation" dan "Boom" yang disuguhkan lewat leburan unsur musik hip-hop, reggae serta hardcore. Pada Februari 2003, Marcos sebagai sang pendiri P.O.D tiba-tiba keluar dari formasi dengan alasan perbedaan visi dalam bermusik. Gitaris baru, Jason Truby lantas masuk menggantikannya dan ikut terlibat dalam penggarapan single Sleeping Awake yang menghiasi album soundtrack film "The Matrix: Reloaded". Namun pada tahun 2006, Marcos kembali bergabung dengan P.O.D. setelah Jason truby hengkang.

Band Religi


P.O.D merupakan grup metal 'beriman'. Rambut gimbal, badan penuh tato, tapi melayani Tuhan dengan musik keras.
Sekedar informasi saja, tiap hari mereka melayani Tuhan lewat musik kerasnya itu, dan kejadian ini sudah berlangsung sejak 1992!. "Apakah kau bicara denganNya hari ini?" Itulah pertanyaan yang selalu muncul buat 4 personel P.O.D. di saat mereka melakukan pelayanan gereja disela-sela tur. "Ia bicara padaku tiap saat," jawab Marcos Curiel sang gitaris tersenyum.
Para pengusung musik keras itu mendapat inspirasi mengarahkan musiknya ke jalur Tuhan bermula dari pengalaman para personelnya.

Personil :
1. Wuv Bernardo - Dramer
2. Traa Daniels - Bass
3. Sonny Sandoval - Vokal
4. Marcos Curiel - Gitar (1992-2003, 2006-sekarang)
5. Jason Truby - Gitar (2003-2006)

Diskografi :
1. P.O.D. (Demo tape) - 1992
2. Snuff the Punk - 1994
3. Brown - 1996
4. Live at TomFest - 1997
5. The Warriors EP - 1999
6. Limited Edition Bonus EP - 1999
7. The Fundamental Elements of Southtown - 1999
8. Satellite - 2001
9. Payable on Death - 2003
10.The Warriors EP, Volume 2 - 2005
11.Testify - 2006
12.Greatest Hits: The Atlantic Years - 2006
13.When Angels and Serpents Dance - 2007

0 comments:

Post a Comment